Thursday, December 31, 2009

1 Toyota Crown Gratiskan Pendidikan Setahun


VIVAnews - Pemberian Mobil Toyota Crown Royal Saloon kepada pejabat negara menuai kontroversi. Mobil dinas itu dinilai dapat membiayai anak tingkat menengah pertama selama satu tahun.

"Kami menganggap mobil dinas itu akal bulus untuk menghabiskan anggaran negara, mereka belum menunjukan kinerjanya tetapi sudah minta fasilitas mewah," kata anggota Indonesia Budget Center, Roy Salam, di Kantor ICW, Jakarta, Kamis 31 Desember 2009.

Roy menjelaskan, ada permasalahan dalam pemberian mobil dinas ini mulai dari penyusunan anggaran sampai pengadaan mobil oleh Sekretaris Negara. "Ada pelanggaran dari sisi kepatuhan. Jelas kita lihat dari peraturan menkeu," ujar Roy.

Roy menjelaskan, Peraturan Menkeu wajib dipatuhi oleh setiap departemen dalam menyusun tahun anggaran berjalan atau perkiraan anggarran tahun berikutnya.

"Kami menganggap mobil dinas itu akal bulus untuk menghabiskan anggaran negara, mereka belum menunjukan kinerjanya tetapi sudah minta fasilitas mewah," kata Roy.

Padahal sebenarnya dana pengadaan satu mobil itu, lanjut Roy, bisa digunakan untuk besaiswa bagi masyarakat. Untuk biaya pengadaan satu mobil bisa menggratiskan biaya pendidilan sekitar 2.300 siswa setingkat SMP dalam setahun. "Harga satu mobil itu dapat membiayai 2.300 siswa SMP selama satu tahun," ujarnya.

Seperti yang diketahui, sejumlah pejabat mendapat mobil dinas baru. Mobil jatah tersebut ini adalah Toyota Crown Royal Saloon yang diperkirakan berharga Rp 1,3 miliar. Sejak Senin kemarin, Sekretariat Negara membagi-bagikan 150 unit mobil itu kepada para pejabat tinggi negara. Tidak hanya para menteri, pimpinan dewan juga mendapat jatah yang sama.

sumber : http://nasional.vivanews.com/news/read/117668-1_toyota_crown_gratiskan_pendidikan_setahun

No comments:

Post a Comment