Saturday, January 2, 2010

Gerhana Bulan Tampak Jelas di Bandung

Metrotvnews.com, Bandung: Warga Bandung, Jawa Barat, bisa menyaksikan fenomena gerhana bulan dengan jelas, Jumat (1/1) pukul 01.53 WIB hingga pukul 02.53 WIB. Sebab cuaca cerah di kawasan itu.

Meski sesekali tertutup awan, tidak menyembunyikan permukaan purnama pada saat terjadi gerhana. Sebagian kecil atau sekitar tujuh persen permukaan bulan tampak kehitaman menandakan terjadi gerhana. Fenomena alam itu terlihat dengan mata telanjang.

Sayang, sebagian warga mengaku tidak bisa melihat perbedaan dari fenomena gerhana itu yang terjadi saat purnama. Sementara itu gema takbir berkumandang dari speaker masjid di Bandung dan sekitarnya. Selain itu kaum Muslimin juga menunaikan Salat Khusuf atau Salat Gerhana.

Peristiwa gerhana bulan tersebut cukup istimewa karena berkenaan dengan Malam Tahun Baru 2010 yang dirayakan sebagian masyarakat. Gerhana bulan itu terlihat di seluruh belahan bumi yang tengah berposisi malam hari.

Pada Januari 2010, terjadi dua kali fenomena gerhana. Selain gerhana bulan yang terjadi pada malam ini, pada 15 Januari mendatang juga akan terjadi fenomena gerhana matahari cincin.(Ant/RAS)

sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/01/01/8136/Gerhana-Bulan-Tampak-Jelas-di-Bandung

No comments:

Post a Comment