Tuesday, January 5, 2010

Kenang Gus Dur Masyarakat Tionghoa Pajang Karangan Bunga Disepanjang Jalan Sudirman Binjai

Binjai (SIB)
Untuk mengenang Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid masyarakat Tionghoa memajang karangan bunga sepanjang Jalan Sudirman Binjai, Jalan Utama yang merupakan jalan di inti kota itu mulai dipenuhi karangan bunga hingga puncak acara nanti tanggal 6 Januari 2010 di Pendopo Umar Baki Binjai. Hal itu diungkapkan tokoh masyarakat Tionghoa Binjai, Isabidin Guntur dan Petrus SH yang juga anggota DPRD Binjai , Senin (4/1) di Binjai .

Menurut Petrus SH, acara malam mengenang dan berdoa bagi Bapak Bangsa Gus Dur akan dilakukan di Pendopo Umar Baki Binjai mulai pukul 20.00 WIB. Semua masyarakat Tionghoa Binjai akan menghadiri acara tersebut karena Gus Dur diang-gap sangat berjasa bagi etnis Tionghoa .

Gus Dur- lah yang kala itu jadi Presiden membenarkan adanya barongsai dan bahasa Mandarin. Selain itu hari raya Imlek menjadi hari libur umum. Karena itu masyarakat Tionghoa Binjai menunjukkan rasa terima kasih dengan acara malam doa dan mengenang Gus Dur tersebut .

Panitia akan mengundang MUI, umat Kristen dan umat lainnya untuk bersama-sama berdoa yang dimulai dengan acara penampilan barongsai, ungkap Petrus yang dikenal dekat dengan semua masyarakat di Binjai .
Masyarakat Tionghoa Binjai berharap kepada pemerintah agar secepatnya Gus Dur bisa disyahkan menjadi pahlawan dan untuk kemudian hari diharapkan akan lahir Gus Dur -Gus Dur yang baru karena bangsa ini sangat membutuhkan figur seperti almarhum, ungkap Petrus yang juga Wakil Ketua Badan Kerja-sama Antar Gereja Kota Binjai .

Karena adanya kegiatan itu pula secara spontan warga etnis Tinoghoa Binjai membuat karangan bunga yang didirikan di sepanjang Jalan Sudirman Binjai. (M25)

sumber : http://hariansib.com/?p=105246

No comments:

Post a Comment