Saturday, January 2, 2010

Taliban Rilis Video Tawanan Tentara AS

KABUL - Taliban meliris video terbaru yang menampilkan tawanan pasukan AS, Pfc. Bowe Robert Bergdahl, 23. Tentara itu diculik pada 29 Juni lalu di Provinsi Paktika. Video tersebut dirilis pada minggu lalu melalui web site milik Taliban..
     
"Analisa menngidentifikasikan tawanan yang terlihat pada video adalah Bowe Bergdahl," lapor pusat mata-mata, pemborong AS yang bertugas melacak propaganda teroris dan bekerja dengan komunitas militer beserta intelijen seperti dilansir Associated Press kemarin (25/12).
     
Rekaman video itu memperlihatkan seorang pria duduk dan menghadap ke kamera, mengenakan kacamata dan terlihat mengenakan seragam dan helm militer pasukan AS. Pria itu mengidentifikasikan dirinya sebagai Bergdahl, terlahir di Sun Valley, Idaho.

Kemudian dia berbicara mengenai pangkat, tanggal lahir, golongan darah, unit asal pasukan dan nama gadis ibunya. Hingga akhirnya dia berbicara mengenai akibat serangan AS pada perang di Afghanistan dan hubungannya dengan kaum muslim.
     
Pihak miilter AS belum memberikan komentar dan mengkonfimasi bahwa pria dalam video itu adalah Bergdahl. Akan tetapi pria dalam rekaman itu terlihat mengenakan seragam yang disertai dengan pangkat dan pin bertuliskan nama Bowe Robert Bergdahl. Dalam video itu juga tertulis ?tahanan perang: Bowe Robert Bergdahl?. Sedangkan gambar lainnya tertulis bahwa tentara AS itu ditahan oleh Mujahidin Islam Emirat Afghanistan.
     
Menjelang berakhirnya rekaman muncul pernyataan yang dibacakan juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid. Dia meminta adanya penukaran sejumlah tawanan Taliban dengan Bergdahl. Mujahid juga mengancam mereka akan menangkap lebih banyak pasukan AS. Di sisilain, akhir tayangan video bernarasi bahasa Inggris itu juga menunjukkan sekilas gambar tawanan AS lainnya.
     
Kualitas video berdurasi 36 menit itu diakui pihak AS lebih bagus daripada rekaman sebelumnya yang dikirim Al Qaeda pada 19 Juli lalu. Video pertama dengan durasi 28 menit itu dikirim beberapa minggu setelah Bergdahl ditahan. Sebelumnya pernyataan dari video tahanan sebelumnya terlihat di bawah tekanan dan ketakutan. Bedanya, kali ini Bergdahl terlihat lebih tenang dan mengatakan dirinya diperlakukan layaknya manusia.
     
"Saya diperlakukan layaknya manusia dengan penuh martabat. Tak ada satupun yang menelanjangiku dan mengambil fotoku,. Tak ada anjing yang menggonggong dan menggigitku seperti yang negaraku lakukan pada tahanan muslim," aku Bergdahl kepada Associated Press.
     
Bergdahl merupakan bagian dari unit pasukan infanteri di Fort Richardson, Alaska. Dia ditahan hanya lima bulan setelah tiba di Afghanistan ketika bertugas di markas di wilayah Provinsi Paktika dekat perbatasan Pakistan. CNN melaporkan Bowe dikabarkan menghilang  dari posnya di wilayah tenggara Provinsi Paktika setelah menjalankan tugas pergantian menjaga pada 29 Juni malam, musim panas lalu. (war)

sumber : http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=55608 

No comments:

Post a Comment