Wednesday, January 13, 2010

Guru harus mau belajar, kata Avian


MEDAN - Kemajuan pesat teknologi informasi dan komunikasi (ICT) saat ini cukup memberikan dampak positif bagi perluasan wawasan industri pendidikan. Sayangnya, khususnya di Suamtera Utara, sumber daya manusia (SDM) industri pendidikan belum siap menghadapi kemajuan ini.

Avian E Tumengkol, pemimpin redaksi Waspada Online, tadi pagi, mengatakan itu dalam Rapat Koordinasi Dinas Pendidikan Sumatera Utara di Medan. Dia menilai bahwa pemerintah dan guru perlu lebih serius dan siap dengan inovasi-inovasi di bidang ICT bila ingin memajukan mutu pendidikan di Sumut.

"Kualitas guru di Sumut belum optimal karena masih banyak yang awam bahkan tak kenal dengan peran internet. Apalagi tentang kemajuan ICT, banyak guru yang justru menghindar untuk belejar tentang ini," kata Avian di hadapan kepala-kepala Dinas se-Sumut.

Avian mengatakan, masih banyak guru yang literasinya terhadap internet serta pemanfaatan ICT sangat kurang sehingga bisa dipastikan bakal kewalahan dalam mengikuti perkembangan yang terjadi di era digitalisasi saat ini. "Banyak guru yang sama sekali tak faham cara menggunakan komputer, apalagi untk mengakses internet. Kan ini kondisi yang sangat mengkhawatirkan industri pendidikan di Sumut, khususnya SDM-nya," katanya.

"Yang paling mengkhawatirkan adalah kalau para guru sudah tidak mau lagi belajar. Pertimbangan mereka tak mau belajar karena faktor usia. Tapi itu bukan alasan, jadi saya mendorong agar semua guru harus mau belajar dan lebih memahami ICT," tegas Avian.

sumber : http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=81335:guru-harus-mau-belajar-kata-avian&catid=14:medan&Itemid=27

No comments:

Post a Comment