Sunday, January 3, 2010

Yaman Kirim Pasukan Pemberantas Al-Qaida


Liputan6.com, San'a: Yaman mengerahkan beberapa ratus tentara tambahan ke dua propinsi timur, tempat kelompok Al-Qaeda berada. Aksi ini adalah gerakan terbaru Yaman dalam langkah kampanye memerangi Al-Qaida. Jenderal David Petraeus, komandan militer Amerika Serikat di Irak dan Afghanistan, mengumumkan bala bantuan telah datang di Yaman, Sabtu (2/1), dan ia langsung bertemu Presiden Ali Abdullah Saleh.

Presiden Barack Obama mengatakan Al-Qaeda menjadi otak pelaku usaha pemboman pesawat Amerika yang tengah menuju Detroit. AS dan Yaman sedang mencoba melacak keberadaan Umar Farouk Abdulmutallab saat di Yaman, Agustus silam. Diketahui, Farouk berada di Yaman untuk belajar bahasa Arab, dan kemudian menghilang. Menurut pejabat keamanan di Yaman, Farouk kemungkinan besar pergi ke Propinsi Marif atau Jouf, daerah pegunungan di sebelah timur ibukota, tempat kelompok Al-Qaeda berada, seperti dilansir Associated Press, Minggu (3/1).

Al-Qaeda telah membunuh sejumlah pejabat keamanan tertinggi di provinsi-provinsi dalam beberapa bulan terakhir. Suku-suku yang berkuasa di wilayah, dan banyak dari mereka  yang tidak puas dengan pemerintah pusat telah memberikan perlindungan kepada para pejuang Al-Qaeda.(YUS)

sumber : http://berita.liputan6.com/luarnegeri/201001/257194/Yaman.Kirim.Pasukan.Pemberantas.Al.Qaida

No comments:

Post a Comment