Sunday, January 3, 2010

Telkomsel Layani 950 Juta SMS

PT Telkomsel menyatakan jumlah layanan pesan singkat (short message service/ SMS) pada Tahun Baru 2010 mencapai 950 juta SMS. Ini berarti melonjak 150 persen dari jumlah SMS pada kondisi normal sekitar 380 juta SMS per hari. Angka 950 juta SMS ini juga berarti adanya peningkatan 30 persen dibanding pada awal Tahun Baru 2009.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, upaya menghadirkan layanan berkualitas melalui penggelaran jaringan direspons positif dan dimanfaatkan oleh pelanggan secara optimal. "Berkat semua persiapan yang kami lakukan untuk meningkatkan kapasitas jaringan dalam skala besar tahun ini, lalu lintas SMS di periode Tahun Baru cukup padat. Meski demikian, pelanggan tetap dapat mengirim SMS ucapan Selamat Tahun Baru dengan nyaman dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS yang baik," kata Sarwoto dalam keterangan persnya di Jakarta, Minggu (3/1).
 
Menurut dia, Telkomsel sudah mengantisipasi kenaikan pengiriman SMS tersebut dengan peningkatan kapasitas SMS Center dari 47.100 SMS per detik pada tahun lalu menjadi 80.000 SMS per detik. Secara berturut-turut, trafik SMS paling tinggi terjadi pada 1 Januari 2010 mencapai 493 juta SMS), lalu pada 31 Desember 2009 mencapai 457 juta SMS).
 
Sementara itu, dalam penggunaan layanan komunikasi untuk menelpon, meningkat menjadi 263 juta panggilan pada puncak pergantian tahun. Sarwoto mengatakan, pada puncak pergantian tahun ini, lalu lintas yang sukses dilayani 840 juta menit atau melonjak 12 persen dibanding trafik suara di hari normal. Begitu pula untuk layanan data, terjadi peningkatan trafik sebesar 12 persen menjadi 28 terabytes dari trafik data sehari-hari 25 terabytes per hari.
 
Jika dibandingkan dengan awal tahun 2009, lalu lintas layanan suara di awal 2009 menurun sekitar 9 persen yang diikuti dengan peningkatan untuk layanan data sebesar 143 persen. "Hal tersebut disebabkan oleh perubahan perilaku komunikasi pelanggan yang lebih suka memanfaatkan layanan data melalui instant messaging (chatting) untuk menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru," ujarnya.
 
Sedangkan penggunaan layanan SMS maupun layanan data tertinggi tercatat di wilayah Jabodetabek, yakni lalu lintas SMS mencapai 380 juta SMS dan data sebesar 6 terabytes pada saat pergantian 2009 ke 2010. Sementara suara tertinggi mencapai 132 juta menit terjadi di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua.
 
Sarwoto menambahkan, secara umum tidak ada kendala berarti yang dialami Telkomsel dalam menghadirkan kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi pelanggan menjelang momen pergantian tahun. "Ini dikarenakan, Telkomsel secara rutin melakukan kegiatan pengecekan jaringan untuk mempersiapkan terjadinya lonjakan lalu lintas komunikasi yang signifikan. Ini biasanya terjadi pada setiap Hari Raya Idul Fitri maupun Tahun Baru," katanya. (A Choir) 
 
sumber : http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=243363

No comments:

Post a Comment