Saturday, January 9, 2010

Intel Gelar Produk-produk Teranyar

Rangkaian produk yang dikenalkan Intel di awal tahun 2010 ini terdiri lebih dari 25 prosesor, adaptor nirkabel dan chipset yang termasuk prosesor Intel Core i7, i5 dan i3, Chipset Intel Seri 5, dan Intel Centrino Wi-Fi dan Adaptor WiMAX yang memiliki fitur Intel My WiFi.

Produk-produk yang menanam prosesor dengan arsitektur mikro "Nehalem" Intel ini, memiliki ketebalan kurang dari 1 inci. Sehingga, prosesor ini dapat berpenampilan ciamik tanpa mengorbankan performa dan kerja baterai yang lebih tahan lama. Dengan ke-mini-annya pula, prosesor ini dapat mengahadirkan rancangan sistem yang ramping, seperti digunakan pada laptop ultra-thin.

Untuk desktop tingkat dasar, Intel menyediakan Intel Core i5 yangdilengkapi oleh grafis Intel HD. Pilihan lainnya adalah prosesor Intel Xeon Seri 3400 dan Chipset Intel 3450.

Untuk melengkapi prosesor Intel Core 2010, Chipset Seri 5 pun diluncurkan. Chipset ini yang merupakan solusi chip tunggal pertama. Dengan kehadiran chip tunggal ini, maka chipset ini tidak lagi terdiri atas south dan north bridge, sehingga fungsi chipset sebagai penyambung antara komponen berubah, bahkan mampu memberikan inovasi dan kapabilitas platform tersendiri.

Untuk produk Intel Centrino, Intel kini meluaskan penawaran dengan menghadirkan tiga produk nirkabel Intel. Dengan perluasan produk ini, Intel mentargetkan konsumen yang jauh lebih banyak dari sebelumnya. Tiga adaptor Intel Centrino Nirkabel terbaru ini, memiliki kapabilitas multi-stream 802.11. Adaptor ini juga dapat digunakan untuk WiFi dual band, dengan kecepatan 8 kali lebih baik, jangkauan yang konsisten, sambungan yang stabil, serta konsumsi energi minimal.

Intel juga menawarkan jajaran lengkap adaptor berkualitas tinggi dan adaptor WiMAX/WiFi terintegrasi yang dapat digunakan untuk pita WiMAX 2.3, 2.5 dan 3.5GHz dengan kecepatan mencapai 20Mbps dalam keadaan bergerak.

Dengan mengaktifkan teknologi Intel My WiFi, adaptor-adaptor tersebut dapat mengubah laptop menjadi sebuah hotspot virtual. Perangkat Client management WiFi jarak jauh, Intel Embedded IT, dan Intel Active Management Technology 6.0, juga tersedia untuk melakukan manajemen klien yang berjarak jauh dari perusahaan.

Dengan rangkaian produk ini, Intel berharap dapat memenuhi kebutuhan para produsen komputer. Intel juga berharap, tercipta lebih dari 400 rancangan platform untuk laptop dan desktop PC, dengan menggunakan rangkaian produk tersebut. Serta 200 rancangan lainnya untuk perangkat tertanam.

Tak hanya produsen PC, prosesor embedded Intel Core 2010 ini juga ditujukan bagi perangkat yang memiliki daya operasional seperti PC. Kios tiket, mesin check-out di hotel, ATM, papan tanda digital, peralatan medikal, peralatan komunikasi dan mesin industri, adalah perangkat-perangakt lain yang memerlukan kehadiran prosesor didalamnya. Intel menyebutkan, dengan menggunakan jajaran prosesor Intel Core 2010, perangkat tertanam tersebut dapat memaksimalkan beban kerja, menghemat konsumsi listrik, mengatur sambungan jaringan, bahkan mengumpulkan beberapa metrik atau ukuran berdasarkan analisa video untuk menghasilkan sistem iklan yang lebih efektif.

Intel juga telah menambah variasi pilihan platform berdasarkan ukuran kinerja-per-watt untuk perangkat yang tertanam dalam PC dengan menambahkan memori kode perbaikan error untuk aplikasi yang memerlukan standar integritas data lebih tinggi. Prosesor yang tertanam tersebut, yang disandingkan bersama chipset Intel Seri 5, digadang-gadang memiliki daya tahan yang lebih lama, hingga tujuh tahun.


Eka Santhika

sumber : http://hardware.sda-indo.com/sda/news/psecom,id,21722,nodeid,4,_language,Indonesia.html

No comments:

Post a Comment